Analisis Fundamental Investasi Saham untuk Pemula {Bagian 1}

Analisis fundamental adalah hal terpenting yang harus diperhatikan bagi long term investor saham. mengapa demikian? Karena seorang long term investor memiliki mindset membeli bisnis, dan mengharapkan return dari kemampuan perusahaan menghasilkan laba.

Apa hal terpenting analisis fundamental saham buat long term investor? Bagaimana menilainya dengan mudah? Apa prinsip dasar investasi dan analisis fundamental?

Warren Buffett, sang investor legendaris dunia, merupakan salah 1 orang terkaya di dunia sampai saat ini yang memperoleh kekayaan dengan cara membeli bisnis.

Oleh sebab itu, Buffett memilih perusahaan yang ia mengerti dan dalam jangka waktu yang panjang bisa memberikan profit yang besar.

Bagaimana caranya Anda bisa membeli bisnis? Mungkin Anda belum bisa seperti Buffett yang bisa memborong sebagian besar dari kepemilikan perusahaan, namun Anda bisa mengambil beberapa prinsip membeli bisnis tersebut, dengan cara membeli sebagian kepemilikan perusahaan berupa saham.

Bagaimana caranya membeli bisnis, dengan cara membeli saham di Indonesia?

Seorang investor, menggunakan analisis fundamental dalam membeli bisnis / membeli sebuah perusahaan.
Analisis fundamental ini memampukan investor untuk melihat apakah perusahaan benar-benar dalam kondisi sehat, dan layak dibeli secara valuasi (tidak kemahalan), karena bisa menghasilkan keuntungan yang konsisten.
Seorang investor jangka panjang tidak terlalu peduli dengan harga, namun ia peduli dengan pendapatan, dan juga laba bersih perusahaan.
Fokus dari investor, bukanlah harga saham, namun imbal hasil yang diharapkan berupa deviden alias laba bersih yang dibagikan ke pemegang saham.

{bersambung ..}

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *