Persebaya Gagal Tundukkan Sriwijaya FC

SURABAYA — Persebaya Surabaya gagal memetik poin sempurna saat menjamu Sriwijaya FC pada laga pekan kelima Liga 1 2018, Ahad (22/4) malam WIB. Bertanding di kandang sendiri Stadion Gelora Bung Tomo, Bajul Ijo sempat unggul lewat gol David Da Silva pada menit ke-11. Namun, keunggulan Persebaya bisa disamakan oleh Sriwijaya lewat Alberto Goncalves tepat pada menit terakhir babak pertama.

Tambahan satu angka membuat Persebaya mengumpulkan nilai delapan dan menempati posisi enam. Sementara Sriwijaya FC tertahan di posisi 10 dengan nilai enam.

Persebaya memulai laga dengan ragam peluang. Gol kemudian lahir tanpa menunggu lama lewat Da Silva.

Bomber berusia 28 tahun itu sukses unjuk skill di hadapan pertahanan lawan. Mendapat sodoran tepat di depan kotak 16 Sriwijaya, Da Silva yang sebenarnya tak berada dalam posisi mengancam dapat membuka celah.

Menghadapi empat pemain bertahan Laskar Wong Kito, Da Silva meliuk-liuk merobek tembok di hadapannya. Seketika Silva telah berada di dalam kotak penalti lawan.

Dengan kaki kiri, Da Silva melepaskan tembakan mendatar yang tak bisa dijangkau kiper Sriwijaya, Teja Paku Alam. Ini adalah gol kelima Da Silva di kancah Liga 1 musim ini.

Seperempat jam kemudian, Da Silva nyaris menggandakan kedudukan timnya. Mendapat bola operan dari gelandang Fandi Utomo, Da Silva kembali mengancam, tapi sayang peluang tersebut sirna.

Keasyikan menyerang, Persebaya malah kebobolan. Satu menit sebelum wasit meniupkan peluit tanda laga babak pertama berakhir, Golcalves mampu membuat gol. Bermula dari kesalahan pemain belakang Persebaya dalam membuang bola di depan kotak 16, si kulit bundar jatuh ke kaki Yu Hyunkoo yang langsung memberikannya kepada Beto.

Dengan mudah, Beto yang berdiri bebas bisa menaklukkan kiper tuan rumah, Miswar Saputra. Skor sama kuat 1-1 pun menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, laga benar-benar berjalan seimbang. Cerminan keseimbangan ini tampak jelas pada menit ke-56. Sriwijaya melakukan serangan balik setelah Persebaya mendapatkan tendangan penjuru.

Dipimpin oleh Beto, bola sudah memasuki area terlarang dari Persebaya. Namun, upaya Beto untuk mengirim bola ke rekannya yang sudah berdiri bebas kandas karena terhalang oleh pertahanan tuan rumah.

Sedetik kemudian justru Persebaya yang melakukan serangan balik. Nyaris berbuah gol, sayang tembakan winger Osvaldo Haay jauh melambung meski sudah mendapatkan ruang bebas di dalam kotak penalti tim tamu.

Drama kemudian terjadi empat menit kemudian ketika Yu Hyunkoo dianggap melakukan pelanggaran di area terlarang. Namun, eksekusi penalti yang diambil oleh Da Silva melebar. Setelah itu, kedua tim terus saling menyerang. Peluang emas didapatkan oleh tim tamu pada detik terakhir laga.

Lagi-lagi serangan balik, bola bisa digiring oleh Adam Alis hingga mendekati kotak penalti Persebaya. Tinggal dua lawan satu, bola lalu diberikan kepada Beto. Sayang, Beto yang tinggal menggiring bole untuk maju menghadapi kiper lawan kehilangan kontrol. Bola pun bisa diamankan oleh oleh para pemain Persebaya yang sudah kadung turun ke garis pertahanan. Skor akhir pun tetap 1-1.

Susunan pemain:

Persebaya Surabaya:Miswar Saputra; Fandry Imbiri, Johanis Wanggai, Mokhamad Syaiffudin, Ruben Sanadi; Abu Rizal Maulana, Fandi Eko Utomo, Misbakus Solikin, Osvaldo Haay; David Da Silva

Sriwijaya FC:Teja Paku Alam; Hamka Hamzah, Mahamadou Ndaye, Alfin Tuasalamony, Esteban Vizcarra, Makan Kanote, Marcho Sandy, Yu Hyunkoo, Zulfiandi; Alberto Goncalvez, Manuchekhr Dzhalilov

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *