Risma Instruksikan Pantau Harga Bahan Pokok Jelang Puasa

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mulai mengantisipasi harga kebutuhan bahan pokok jelang puasa. Strategi sudah disiapkan untuk mengantisipasi melambungnya harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar yang biasa terjadi setiap tahunnya.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, antisipasi jelang puasa dilakukan salah satunya dengan menekan tingginya harga bahan pokok di pasar. Nantinya Pemkot Surabaya akan banyak melakukan kegiatan pasar murah dan bazar UKM. “Dinas Perdagangan sudah saya instruksikan untuk memantau harga bahan pokok,” katanya, Jumat (27/4).

Wali kota kelahiran Kediri ini mengungkapkan, pemkot sudah melakukan mapping (pemetaan, Red) di sejumlah pasar untuk meredam tingginya harga kebutuhan pokok. Nantinya, pasar murah dilakukan dengan menjual bahan pokok dengan harga yang terjangkau. “Konsumsi saat bulan puasa memang banyak, karena itu kebutuhan pasti meningkat,” terangnya.

Meski demikian, lanjutnya, dirinya mengimbau kepada warga Surabaya agar berbelanja sesuai dengan kebutuhan, dan jangan terlalu memaksa. Hal tersebut juga sebagai upaya untuk menekan harga bahan pokok agar tidak melambung.

Kepala Dinas Perdagangan Wiwiek Widayati mengatakan, pemantauan harga di sejumlah pasar selama ini sudah dilakukan. Namun, diakuinya saat puasa harga sejumlah bahan pokok dipastikan akan naik. “Meski naik tetap kita kontrol dengan adanya pasar murah,” ujarnya.

Menurutnya, meingkatkan harga karena kebutuhan masyarakat yang juga meningkat dan tidak sebanding dengan stok bahan tersebut. Karena itu, pihaknya akan memantau sejumlah bahan pokok yang melonjak dengan melakukan operasi pasar murah. “Dalam waktu dekat sudah kita siapkan kegiatannya,” ucapnya.

Dia menambahkan, dengan adanya operasi pasar diharapkan bisa mengendalikan harga yang meroket. Beberapa bahan pokok yang biasanya harganya melonjak seperti beras, gula serta bahan pokok lainnya yang banyak jadi permintaan masyarakat. “Kita tidak ingin masyarakat resah dengan harga yang tinggi,”  terangnya.

Wakil Ketua DPRD Surabaya Masduki Toha mengatakan, antisipasi jelang harga naik saat bulan puasa memang harus dilakukan. Sehingga, masyarakat tidak mengeluh dengan harga tinggi karena ada solusi pasar murah yang diadakan oleh Pemkot Surabaya. “Sidak juga harga di pasar agar bisa dikendalikan dengan baik,” katanya. (JP:vga/nur)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *